Minggu, 15 Juli 2012

Modifikasi dan Gunakan Perlengkapan komputer Bekas Anda

Bismillah

Perkembangan dunia IT(teknologi informasi) berkembang sangat pesat, sebuah perlengkapan elektronik yang berjaya di zaman kita saat ini bahkan dengan cepat menjadi barang tidak terpakai di gudang/lemari penyimpanan...terutama bagi rekan-rekan yang bergelut di dunia hardware. Bahkan beberapa orang malah memilik 1 solusi spesial untuk barang-barang komputer yang sudah rusak baik karena peripheralnya sudah tidak berfungsi sebagian atau emang sudah rusak berat yaitu Tempat sampah!

saya teringat sebuah tulisan di internet saat mengumpulkan bahan-bahan tugas kuliah yang menyatakan bahwa Anda tidak akan pernah bisa mensejajarkan kemampuan anda dengan perkembangan teknologi informasi terbaru namun anda tetap dapat beradaptasi dengan teknologi yang berkembang saat ini, terlebih dengan diterapkannya ekonomi kapitaslime semakin terlihat jurang pemisah teknologi negara-negara asal perangkat tersebut di produksi dengan negara-negara berkembang seperti teknologi yang ada antara Silicon Valley dan Indonesia misalnya. Kalaupun ada tentu hanya komunitas/individu tertentu yang memiliki investasi dana yang sangat besar untuk pengadaan barang-barang berharga tersebut.

Informasi berikut mungkin perlu ditelaah lebih lanjut untuk mengetahui kebenarannya, seorang dosen berbagi kepada kami tentang job desc seorang engineering di sebuah perusahaan IT terkemuka di luar negeri. Para engineer di perusahaan tersebut di beri tugas untuk berkeliling ke berbagai tempat entah itu toko komputer, pameran IT, sebuah kota yang memiliki sebuah perlengkapan IT unik dan spesial dan sejenisnya hanya untuk mempelajari dan mencari ide-ide baru yang mungkin bisa diterapkan 5-25 tahun ke depan.

Setelah itu ia akan membuat sebuah konsep baru terkait informasi yang telah ia kumpulkan tersebut ke dalam catatan digital dengan tambahan penjelasan dari ide yang ia miliki dan nantinya di akhir bulan akan di presentasikan kepada atasannya/supervisornya. Mereka membahas dan berdiskusi tentang teknologi 20-50 tahun ke depan. Luar biasa dalam pemikiran saya waktu itu, dan terbukti teknologi yang saya miliki saat ini untuk mengetikan tulisan inipun masih tertinggal jauh dengan teknologi yang telah diterapkan pada perusahaan tersebut.

Hal ini sangat berbeda dengan kondisi dimana saat kaum muslimin masih memegang teknologi di tangan mereka, dan kelak hal tersebut akan kembali terjadi atas ijin ALLAH. Seluruh teknologi yang ditemukan oleh para engineer muslim dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas, karena nilai penelitian dan produk produksi para engineer dibeli oleh negara dengan imbalan yang sepadan bahkan lebih, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaatnya, tidak seperti saat ini dimana hanya masyarakat yang memiliki dana berlebih saja yang dapat menikmati teknologi yang sedemikian canggih serta memudahkan kehidupan kita.

Any way dengan bermunculannya produk-produk baru dengan beragam fungsi serta keunggulannya maka sebagai konsekuensinya adalah ditinggalkan dan disimpanlah barang-barang lama itu kedalam gudang, sebagai seorang muslim tentunya kita dianjurkan untuk selalu memanfaatkan barang-barang yang kita miliki untuk hal yang bermanfaat, jangan sampai kita menjadi orang yang suka mubazir, berikut beberapa contoh produksi ulang hadware yang mungkin sudah tidak terpakai lagi dengan konsep Re think dan Re use it! 

Idenya cukup brilian dan saya sangat terbantu dengan hal tersebut, sayang beberapa produk lama telah saya di kantor lama sudah dikilokan ke tukang besi saat jadwal bersih-bersih dilakukan di setiap ajaran baru dimulai. Salam smart dunia akhirat! MasBro

 
 
Alhamdulillah

mmip

0 komentar:

Posting Komentar