Kamis, 06 September 2012

Manfaat Mandi dengan Air Dingin

Bismillah

Senang rasanya bisa mengupdate catatan digital kali ini, setelah hampir 1 bulan fokus ber Ramadhan ria dengan segala keberkahan dan keunikannya serta bejibun aktifitas yang benar-benar berbeda di tahun ini. Mengingat ini adalah tahun pertama saya melaksanakan Ramadhan dengan status Free lance ^_^. Pesanan Krupuk Kemplang dan Pempek Palembang MasBro tahun ini Alhamdulillah cukup memuaskan apalagi ditunjang dengan support keluarga semua terasa sangat menyenangkan.

Bagi sebagian orang mandi menggunakan air dingin merupakan hal yang sangat tidak disukai, mengapa? karena banyak yang menghindarinya dengan berbagai alasan, kedinginanlah, inilah,itulah hingga anjuran dari dokter kesehatan terutama bagi penggemar futsa (nyindir seseorang he3x) yang pulang malam dengan membawa bau badan asem lewat hilir mudik di ruang tengah :). Tetapi saya pribadi sebenarnya lebih menyukai air dingin dibandingkan air hangat karena kesegarannya yang tidak akan kita dapatkan saat mandi dengan air bersuhu sedang. Namun saat kepenatan dan beban kerja cukup padat dan saat tubuh kurang fit akibat begadang/terserang flu biasanya saya akan menyerah kalah menggunakan air hangat sebagai permulaan hari saat akan beraktifitas. 

Setelah searching di net saya menemukan artikel cukup menarik di jejaring sosial, karena bermanfaat sebagai pengingat saya perbanyak di blog ini...jadi kalau ntar semangat down artikel ini bisa mengingatkan saya ...apa hubungannya he3x. 

1. Mandi air dingin akan mendinginkan pikiran Anda setelah seharian bekerja keras di kota yang panas. Anda harus tahu, mandi dengan air dingin dapat membantu meningkatkan metabolisme, serta mengatur kadar asam urat dalam tubuh Anda.

2. Kesuburan pria juga bisa terpengaruh dengan mandi air dingin, karena kondisi panas tubuh tak baik untuk testis dan berpotensi menurunkan jumlah sperma. Selain menghemat listrik, mandi air dingin juga dipercaya dapat memicu kehamilan pasangan karena memicu jumlah sperma berlebih.

3. Mandi air dingin juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga terbebas dari racun di dalam tubuh. Ketika air dingin menyentuh permukaan kulit, pembuluh darah di bawahnya akan berkontraksi. Hal ini akan mengurangi sirkulasi darah, tetapi pada saat yang sama otomatis darah tubuh akan mengalir lancar akibat dorongan kontraksi pembuluh darah di bawah kulit.

4. Untuk meningkatkan sel darah putih yang memberikan kekebalan pada tubuh, mandi air dingin dipercaya menjadi solusinya.

5. Agar tak mengalami cidera usai berolahraga, sebaiknya Anda mandi menggunakan air dingin. Karena otot yang tegang dan panas akan rileks jika terkena air dingin.

6. Mandi air dingin juga bisa mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, serta meningkatkan fungsi ginjal. Bahkan dipercaya dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan, serta menenangkan kulit dan mengatur sistem saraf otonomik.
Alhamdulillah

0 komentar:

Posting Komentar