Minggu, 23 September 2012

Tips mengamankan account FB anda

Bismillah

Mengingat seringnya terjadi pencurian dan pengambilan account FB rekan sekalian akhir-akhir ini, tidak ada salahnya saya bagikan beberapa informasi terkait judul diatas yang saya dapat dari buku infokomputer edisi juli 2012. Beberapa saya tambahkan dari pengalaman online pribadi selama ini sehingga menjadi lebih lengkap dan padat...semoga bisa bermanfaat dan membuat kita lebih hati-hati lagi...mangga di baca.

  1. Hindari menggunakan password yang sama, khususnya akun FB dan akun email utama anda, di beberapa kasus pernah saya temukan semua password media online seorang rekan sama dari email,twitter,fb,blogspot dan akun-akun online lainnya. Tentu ini sangat beresiko besar jika suatu saat kita secara tidak sengaja melakukan kesalahan...namanya juga manusia toh... karena sesuatu hal dan terburu waktu sehingga prioritas keamanan akun dipindahkan levelnya jadi urutan ke 2-3 ;p setelah prioritas pertama selesai baru nyadar dan kalang kabut kalau akun FB masih aktif waktu ninggalin komputer di kampus/warnet..gubrakz! doanya 1 semoga nggak lama setelah keluar mati lampu jadi komputernya ke reset :)
  2. Pertimbangkan untuk menggunakan program pengingat password. meskipun saya pribadi lebih menyukai menyimpan semua catatan username dan password saya di sebuah file dengan password lain tentunya ini akan sangat membantu kita untuk mereview koleksi password kita yang tersebar di mana-mana ^_^..
  3. Gunakan email lokal sebagai identitas utama, jika akun tersebut berhasil di curi anda masih memiliki akses lokal menghubungi penyedia akun tersebut.
  4. Aktifkan pemberitahuan login dari perangkan baru. jadi setiap kali ada perangkat baru yang digunakan untuk mengakses akun FB anda, anda akan mendapatkan pemberitahuan baik melalui email maupun sms. Anda juga dapat dengan cepat melakukan tindakan pencegahan jika akun anda diakses dari perangkat lain yang bukan milik anda.
  5. Aktifikan secure browsing biasanya ditandai dengan tanda gembok pada awal adress bar kita (https). Hal ini dilakukan untuk menghindari pencurian data khususnya jika anda sering mengakses FB dari wifi umum.
  6. Aktifkan pilihan email dan text message notification, dengan konsekuensi email address kita akan dibombardir pesan dari FB -_- saya pribadi tidak menyukai dan tdk menggunakan opsi ini he3x :D mengingat jumlah notification perhari yang cukup banyak sehingga terkadang membuat waktu habis ut sekedar menghapus saja! anda boleh setuju dengan saya tetapi bukan berarti hal ini tdk bisa digunakan, karena hal ini cukup membantu terutama bagi rekan-rekan yang sering mengakses FB di menggunakan gadget berbeda di setiap waktu, juga akses di tempat-tempat umum. untuk menghindari bombardir email notifikasi ada baiknya rekan memastikan informasi apa saja yang akan di aktifkan untuk di forward ke email kita jadi tidak semua perubahan yang terjadi harus dilaporkan bukan, karena bos yang baik hanya membutuhkan 1 lembar laporan ringkas tentang keuntungan hari ini he3x
  7. update lah password akun FB anda secara berkala dan catatlah di sebuah file berpassword sehingga saat anda lupa password baru (saya kadang juga lupa password baru tersebut hingga terbiasa mengetikan password setiap kali login). Dengan mengupdate secara berkala membuat akun kita lebih aman dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Toh itu semua untuk kebaikan kita betul.
Demikian...

Alhamdulillah


0 komentar:

Posting Komentar